Mengapa burung bernyanyi ?

February 18, 2011 at 3:55 am Leave a comment

Mengapa burung beryanyi? Burung beryanyi “karena mereka bisa dan mereka harus”     kata David Rothenberg, professor di New Jersey Institute of Technology.

Salah satu fungsi dari nyanyian adalah untuk menarik pasangan, hal ini dikarenakan nyanyian seekor burung dapat menunjukan kesehatan burung tersebut.

Hasil eksperimen mengatakan bahwa parasit dan penyakit dapat mempengaruhi karakter nyanyian seperti “song rate”. Fungsi lain dari nyanyian burung adalah untuk berkomunikasi, baik antara sesama spesies ataupun dengan spesies lain. Burung memiliki nyanyian  yang dikenal oleh berbagai macam spesies lain untuk menunjukkan bahaya seperti pemangsa.

Beberapa burung bahkan memiliki suara khusus untuk membedakan mereka dengan burung lain dan hal ini biasa digunakan burung yang membuat sarang secara
berkoloni untuk mengetahui keberadaan  anaknya.
Organ terpenting yang membuat burung dapat bernyanyi adalah syrinx yang terletak di bagian bawah trakea, tidak seperti mamalia yang memiliki laring di atas trakea. Syrinx beresonansi terhadap getaran yang dihasilkan oleh selaput pada system pernafasan
burung. Dengan mengatur nafas mereka, burung dapat menghasilkan nada tertentu,     dan tidak hanya itu, burung dapat mengendalikan kedua sisi trakea secara bersamaan. Beberapa spesies bahkan dapat menghasilkan dua nada dalam waktu yang sama.

Nyanyian burung yang unik ini juga memberikan inspirasi bagi para pencipta lagu          dan hal ini tidaklah jarang. Salah satu contoh adalah “Les Chant Des Oiseaux”
karya Janequin yang ditulis di abad ke-16.

Tetapi sekali lagi, mengapa burung beryanyi? Karena pencipta mereka meletakkan lagu di hati mereka. Setiap burung adalah “heaven’s high and holy muse” kata John Donne,    yang diciptakan untuk mengingatkan kita tentang Sang Pencipta. Burung adalah ciptaan  yang mengingatkan kita bahwa kita pun diberikan nyanyian untuk memuji dan menyembah Tuhan kita.

Ingat bahwa orang dunia saja juga menggunakan nyanyian burung untuk memberi mereka inspirasi. Jadi setiap kali kita mendengar nyanyian burung, jangan lupa untuk menyanyikan lagu untuk Penebus kita. Sebagai umat yang dikasihiNya kita juga harus senantiasa memuji Dia dan jangan mau kalah dengan burung.

 

Entry filed under: Story. Tags: .

Penipu di Jejaring Sosial Pakai Umpan Baru ::Rendah Diri VS Rendah Hati::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


peluang usaha

BelajarInggris.Net 250x250


belajar komputer

::Warning!!!::

Bagi Para Blogger Dan Pengunjung Yang Baik, Disini Penulis Mohon Maaf Jika Ada Artikel Yang Sama Dalam Blog Ini.Karena Blog ini Dibuat hanya Sebagai Bahan Pembelajaran Saya Saja di Kampus dan Apresiasi Bagi Teman-teman yang mau bertukar pikiran dan sharing tentang perkuliahan.

Hubungi Kami

Bagi saudara yang ingin menanyakan tentang sesuatu dalam blog kami ini,silahkan saudara hubungi kami di salah satu alamat email kami di bawah ini:



Polling Pengunjung

Forum WP Indonesia

Daftar Isi

Semua Postingan

Terbanyak Dikunjungi

  • None

Statistik Pengunjung

Informasi Pengunjung

associations and organizations
free counters

Human Calendar


%d bloggers like this: