Pentingkan Pendidikan Akhlak dan Moral

January 31, 2011 at 8:44 am Leave a comment



Ketua DPR-RI Marzuki Alie menyampaikan pesan agar memperhatikan pentingnya pendidikan akhlak dan moral bagi anak-anak bangsa kepada peserta Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) III Persatuan Guru Republik Indonesia di Gorontalo, Kamis 27/1. Bagaimanapun, korupsi yang masih marak di negara ini muncul akibat sistem pendidikan dan produk pendidikan masa lalu. Artinya, selama ini, sistem pendidikan dan produk pendidikan kita, masih ada yang salah. Dengan demikian perlu diperbaiki, demikian kata Marzuki Alie.

Dalam kesempatan Konkernas III PGRI yang juga dihadiri oleh Menko Kesra Agung Laksono ini, Marzuki Alie menyampaikan beberapa kendala yang menjadi tantangan dunia pendidikan dalam mewujudkan salah satu tujuan berdirinya NKRI yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Kendala yang harus diselesaikan oleh dunia pendidikan antara lain, masih tingginya disparitas pendidikan antar kelompok masyarakat, baik antara perkotaan dan pedesaan, kaya dan miskin, serta antar daerah; minimnya guru (tenaga pendidik) berkualitas yang persebarannya belum merata; terbatasnya sarana, prasarana, dan fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran; dan penyediaan biaya opersional pendidikan belum memadai, baik dari APBN maupun dari APBD. Namun, meski masih ada berbagai kendala, Marzuki Alie mengakui bahwa pendidikan di Indonesia telah mengalami banyak kemajuan.

Salah satu yang diapresiasi Ketua DPR terhadap PGRI adalah perjuangannya dalam memajukan pendidikan dan mewujudkan guru yang bermartabat. Pada era reformasi, PGRI berusaha kembali pada khitahnya, konsisten dan konsekwen pada tiga sifat dasarnya yaitu: unitaristik, independen dan non-partisan. Pada era demokrasi ini, para anggotanya diberi kebebasan untuk menentukan pilihan politiknya tdak sebagaimana pada era Orde Baru, karena sebagai organisasi, PGRI telah bertekad untuk tidak memasuki wilayah politik.

“Sikap independen yang dikedepankan PGRI pada saat ini patut dihargai. Sebab, posisi independen ini, justru bisa menempatkannya posisi yang bebas dari berbagai kepentingan kecuali kepentingan pendidikan itu sendiri. PGRI lebih bisa “luwes’ dalam memberikan saran dan pendapatnya kepada pemerintah, agar misi mencerdaskan kehidupan bangsa bisa tercapai,” demikian sambutan Marzuki Alie.

Marzuki Aliejuga menyampaikan pentingnya kualitas sistem pendidikan dengan dengan kesejahteraan guru,karena guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan. Untuk itu, UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen harus dilaksanakan sebagai kerangka acuan dalam peningkatan kualitas dan kesejahteraan pendidik.(PARLE)

sumber : http://www.dpr.go.id/id/berita/pimpi…hlak-dan-moral

Entry filed under: Berita. Tags: .

7 Makanan yang membuat Anda Jadi awet muda! Penipu di Jejaring Sosial Pakai Umpan Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


peluang usaha

BelajarInggris.Net 250x250


belajar komputer

::Warning!!!::

Bagi Para Blogger Dan Pengunjung Yang Baik, Disini Penulis Mohon Maaf Jika Ada Artikel Yang Sama Dalam Blog Ini.Karena Blog ini Dibuat hanya Sebagai Bahan Pembelajaran Saya Saja di Kampus dan Apresiasi Bagi Teman-teman yang mau bertukar pikiran dan sharing tentang perkuliahan.

Hubungi Kami

Bagi saudara yang ingin menanyakan tentang sesuatu dalam blog kami ini,silahkan saudara hubungi kami di salah satu alamat email kami di bawah ini:



Polling Pengunjung

Forum WP Indonesia

Daftar Isi

Semua Postingan

Terbanyak Dikunjungi

  • None

Statistik Pengunjung

Informasi Pengunjung

associations and organizations
free counters

Human Calendar


%d bloggers like this: