KISAH PERTOBATAN SAULUS

May 27, 2010 at 8:52 am Leave a comment

Seiring dengan pertumbuhan Gereja perdana maka diperlukan penolong – penolong yang bijaksana untuk membantu Para Rasul dalam mengatur kebutuhan – kebutuhan dan kesejahteraan para pemeluk baru yang terjepit oleh kemarahan Imam besar. Kemarahan Imam besar ini disebabkan oleh khotbah Petrus setelah Pentekosta, yang garis besarnya menjadi standar bagi Gereja perdana : Yesus Kristus adalah Mesias yang dijanjikan;para pemimpin agama bersalah karena menghukum mati Dia secara tidak adil ; kubur tidak menaklukan Dia, sebaliknya Dia bangkit dari kematian dan keselamatan diberikan secara cuma – cuma kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya.

Stefanus adalah penolong (disebut “diakon”) pertama. Dia berkotbah dengan gemilang dan mempertahankan iman didepan Sanhedrin, namun kemudian dihukum mati dengan cara dirajam (martir Kristen yang pertama ). Pada saat Stefanus sekarat disampingnya berdiri pria muda mengenakan jubah algojo; Saulus seorang Yahudi dari Tarsus di asia kecil. Saulus menikmati banyak hak istimewa dan dipersiapkan bagi kejayaan komunitas farisi. Setelah kematian Stefanus Ia mulai mengejar orang Kristen yang lain (atau pengikut “Sang Jalan “, demikian mereka dikenal hingga istilah “Kristen” mula – mula digunakan untuk menyebut orang – orang yang percaya Kristus di Anthiokia).
Dalam pengejaran tersebut di tengah perjalanan menuju Damaskus, ia terjatuh dari kuda karena cahaya yang menyilaukan dan mendengar suara Tuhan bertanya, “Saulus! Saulus! Mengapakah engkau menganiaya Aku?” (Kisah Para Rasul 9:4b).
Saulus yang buta, kemudian dikenal sebagai Paulus. Menjadi orang yang percaya, kemudian pergi ke Damaskus. Disana dia dibabtis oleh seorang laki–laki bernama Ananias. Setelah kebutaannya lenyap Paulus kemudian pergi ke Arab untuk mengambil waktu berdoa dan menyiapkan pelayanannya.
Di Yerusalem dia di curigai oleh mereka yang dahulu dianiaya. Pada akhirnya dia didukung dan diterima oleh seorang pria bernama Barnabas. Bersama Barnabas, Paulus menjalani sebagian besar perjalanan misinya yang pertama.
Dalam perjalanan misinya, Paulus hampir selalu ditemani oleh satu atau lebih teman seperjalanan yang menolongnya dalam menyebarkan pesan Injil. Paulus secara aktif melatih murid – muridnya melalui aktivitas pewartaan Injil sehingga mereka dapat belajar darinya dan akhirnya membuka jalan bagi mereka sendiri.
Timotius dan Titus adalah dua orang murid yang secara terpisah menjadi teman Paulus dalam perjalanan. Mereka melakukan perjalanan sendiri-sendiri sebagai wakil dari Paulus dan menyampaikan pesan Injil baik kepada orang Yahudi maupun non Yahudi.
Perjalanan Paulus terhenti di Yerusalem sekembalinya dari Korintus. Dia dituduh membawa orang bukan Yahudi ke dalam Bait Allah. Paulus ditangkap dan dihadapkan pada Sanhedrin, kemudian dibuang ke Kaesarea sebelum akhirnya dipindah ke Roma setelah muncul rumor rencana pembunuhan terhadap dirinya. Di Roma dia ditempatkan ditahanan yang memungkinkkan dia untuk menerima tamu dan menulis surat (Surat untuk Gereja–gereja di Efesus,Kolose,dan Filipi. Paulus juga menulis surat – surat pribadi untuk Filemon,Timotius dan Titus).
Setelah itu nasib Paulus menjadi misteri, ada yang menganggap dia dilepaskan dan meneruskan misinya namun ada kisah ia dipenggal atas perintah Nero. Satu hal yang pasti Paulus lebih berpengaruh dalam pembentukan agama Kristen baik dalam hal–hal praktis mapun teologi, selain Yesus Kristus. (dikutip dari buku Millennium The Story of Christianity – karya Michael Collins dan Matthew A. Price)

Sumber:Lentera Group.

Entry filed under: Kumpulan Renungan. Tags: .

“Kaum Muda Saatnya Menampakkan Jati Diri” Kaum Muda dan Gereja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


peluang usaha

BelajarInggris.Net 250x250


belajar komputer

::Warning!!!::

Bagi Para Blogger Dan Pengunjung Yang Baik, Disini Penulis Mohon Maaf Jika Ada Artikel Yang Sama Dalam Blog Ini.Karena Blog ini Dibuat hanya Sebagai Bahan Pembelajaran Saya Saja di Kampus dan Apresiasi Bagi Teman-teman yang mau bertukar pikiran dan sharing tentang perkuliahan.

Hubungi Kami

Bagi saudara yang ingin menanyakan tentang sesuatu dalam blog kami ini,silahkan saudara hubungi kami di salah satu alamat email kami di bawah ini:



Polling Pengunjung

Forum WP Indonesia

Daftar Isi

Semua Postingan

Terbanyak Dikunjungi

  • None

Statistik Pengunjung

Informasi Pengunjung

associations and organizations
free counters

Human Calendar


%d bloggers like this: